Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (The Public Health Science Journal)
Vol 14 No 2s (2025): Special Issue: The 3rd International Conference on Health Sciences 2024

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mahasiswa Vokasi Kesehatan

Nurbaiti, Nurbaiti (Unknown)
Hidayat, Wahyu (Unknown)
Hidayat, Eka Putra Syarif Hidayat (Unknown)
Supriyono, Puji (Unknown)
Izzuddin, Salman (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2025

Abstract

Proses pembelajaran pada masa COVID-19 membawa munculnya berbagai gaya belajar baru. Pembelajaran berbasis masalah (PBL) menjadi model pembelajaran yang disukai. Salah satu pembelajaran mendasar bagi mahasiswa studi radiodiagnostik dan radioterapi di Poltekkes Kemenkes Jakarta II adalah mempelajari struktur anatomi dan proses fisiologis tubuh manusia. Durasi pembelajaran yang terbatas dan materi yang padat memberikan tantangan pembelajaran cukup besar bagi dosen dan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses dan hasil penerapan model PBL pada perkuliahan anatomi dan fisiologi yang diikuti oleh 26 mahasiswa. Mereka mempunyai persepsi positif terhadap pembelajaran PBL. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 77% siswa mencapai nilai hasil belajar di atas 75 (dari nilai maksimal 100). Kesimpulannya adalah mahasiswa antusias mengikuti model pembelajaran ini karena memudahkan dalam memahami materi pembelajaran. Metode PBL dalam pembelajaran anatomi dan fisiologi dapat dimasukkan kedalam kurikulum pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Fokus Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (The Public Health Science Journal) membahas kesehatan masyarakat sebagai disiplin ilmu dan praktik yang terkait dengan tindakan preventif dan promotif untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pendekatan ilmiah yang menerapkan berbagai teknik. Fokus ini ...