Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan (JPIP)
Vol. 3 No. 1 (2025): Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan (JPIP) Februari 2025

Faktor Kecerdasan Emosional dan Motivasi Mengajar dalam Kinerja Guru IPS SMP

Sastra, Irwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Kinerja guru merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional (Emotional Quotient/EQ) dan motivasi mengajar terhadap kinerja guru IPS SMP. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi tingkat kecerdasan emosional, motivasi mengajar, dan kinerja guru; (2) menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional dan kinerja guru; (3) menganalisis hubungan antara motivasi mengajar dan kinerja guru; serta (4) menguji hubungan simultan antara kecerdasan emosional dan motivasi mengajar dengan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif dan teknik survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada guru IPS SMP di Provinsi Maluku Utara pada tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecerdasan emosional, motivasi mengajar, dan kinerja guru berada pada kategori tinggi; (2) terdapat hubungan positif yang kuat antara kecerdasan emosional dan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,634; (3) terdapat hubungan positif yang kuat antara motivasi mengajar dan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,641; serta (4) terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara kecerdasan emosional dan motivasi mengajar secara bersama-sama terhadap kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,772. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa kecerdasan emosional dan motivasi mengajar memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru IPS SMP. Oleh karena itu, upaya peningkatan kualitas pengajaran perlu memperhatikan pengembangan aspek emosional dan motivasional guru guna meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPIP

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan (e-ISSN:2986-9854) memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang kependidikan dengan tujuan untuk mengeksplorasi, mengembangkan, dan menjelaskan pengetahuan tentang desain dan teknologi pendidikan, agar menjaga praktisi dan peneliti ...