Locomotive Resto & Café Sragen adalah sebuah kedai kopi yang didirikan pada tahun 2021, yang terletak di Jl. WR Supratman No. 85, Kutorejo, Sragen Tengah. Coffe shop ini berawal karena alasan dari ownernya yang ingin membuat sesuatu yang baru di kotanya yaitu kota Sragen. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis signifikansi pengaruh store atmosphere, kualitas pelayanan dan cita rasa terhadap keputusan pembelian pada Locomotive Resto & Café Sragen. Penelitian ini menggunakan sumber data primer, dengan jenis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Locomotive Resto & Café Sragen yang tidak diketahui jumlahnya. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, uji validitas dan reliabilitas, juga dilakukan uji asumsi klasik. Analisis data menggunakan, uji regresi linear berganda, uji t, uji F, dan uji R2. Hasil uji validitas pada variabel store atmosphere, kualitas pelayanan, cita rasa dan keputusan pembelian diperoleh nilai signifikan (p-value) = 0,000 < 0,05, maka variabel store atmosphere, kualitas pelayanan, cita rasa dan keputusan pembelian dinyatakan valid. Hasil uji asumsi klasik memenuhi uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi yaitu Y= 10,160 + 0,245 X1 + 0,683 X2 – 0,017 + e, menyatakan bahwa store atmosphere berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, cita rasa berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t menunjukkan bahwa store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan p-value = 0,037 < 0,05, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan p-value = 0,000 < 0,05, dan cita rasa berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan p-value = 0,867 > 0,05. Hasil uji F menunjukkan nilai F hitung 23,045 dengan p-value sebesar 0,000 < 0,05, artinya model regresi tepat dalam memprediksi pengaruh store atmosphere, kualitas pelayanan dan cita rasa terhadap keputusan pembelian. Hasil uji R2 diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,400 besarnya sumbangan variabel store atmosphere, kualitas pelayanan dan cita rasa terhadap keputusan pembelian sebesar 40% sisanya (100% - 40%) = 60% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya: harga, promosi dan kualitas produk.
Copyrights © 2025