Instagram sebagai salah satu media sosial yang digunakan sebagai sarana promosi telah menjadi elemen penting dalam pemasaran jasa, termasuk di bidang pendidikan. Universitas swasta, seperti Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), memanfaatkan media sosial untuk menarik minat calon mahasiswa baru (PMB) melalui berbagai strategi digital yang inovatif. Salah satu strategi yang diterapkan adalah penggunaan influencer dalam kampanye pemasaran berbasis konten digital. Influencer memiliki peran dalam membangun brand awareness, meningkatkan engagement, serta menyebarkan informasi secara luas dan cepat kepada calon mahasiswa yang menjadi target utama promosi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran influencer sebagai strategi promosi PMB UDINUS 2024 melalui pendekatan Smart Digital Content Marketing. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teori yang mendukung penelitian ini adalah teori jaringan sosial menurut Wellman, yang mencakup lima elemen utama, yaitu node, edge, strength of ties, network patterns, dan interconnectedness, dan dilengkapi dengan model Smart Digital Content Marketing juga digunakan untuk menganalisis efektivitas strategi promosi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran influencer dalam mempromosikan PMB UDINUS melalui content marketing tercapai dalam menarik minat calon mahasiswa dengan model smart digital content marketing berupa unggahan konten promosi di fitur reels Instagram. Strategi ini berhasil menarik interaksi audiens dan menambah serta memperluas jangkauan informasi secara signifikan melalui media sosial.
Copyrights © 2025