Technologia: Jurnal Ilmiah
Vol 16, No 1 (2025): Technologia (Januari)

AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN ANATOMI: INOVATIF UNTUK PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL

Susanto, Andri (Unknown)
sabili, Ridha (Unknown)
Josi, Ahmat (Unknown)
Afriyansyah, Riki (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk mendukung pembelajaran biologi, khususnya sistem anatomi tubuh manusia, di SMP Maria Goretti Sungailiat. Metode penelitian menggunakan pendekatan Rapid Application Development (RAD) melalui tahapan perencanaan kebutuhan, desain sistem, pengembangan, dan implementasi. Aplikasi dirancang untuk menampilkan visualisasi 3D organ tubuh secara interaktif dan menyediakan fitur kuis sebagai alat evaluasi pembelajaran. Pengujian dilakukan menggunakan pre-test dan post-test untuk mengevaluasi efektivitas aplikasi, disertai kuesioner skala Likert untuk menilai kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, dengan rata-rata nilai post-test lebih tinggi dibandingkan pre-test. Kuesioner menunjukkan aplikasi memiliki tingkat kelayakan "layak" berdasarkan persepsi siswa dan guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi berbasis AR mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pengalaman pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan fleksibel, sekaligus menawarkan potensi adopsi luas pada institusi pendidikan dengan penyesuaian terhadap kebutuhan pengguna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIT

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Technologia: Jurnal Ilmiah adalah wadah informasi, hasil penelitian, dan tulisan terkait bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang dikelola oleh Fakultas Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari. Frekuensi terbitan pada jurnal ini 4 kali dalam setahun ...