Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk mendukung pembelajaran biologi, khususnya sistem anatomi tubuh manusia, di SMP Maria Goretti Sungailiat. Metode penelitian menggunakan pendekatan Rapid Application Development (RAD) melalui tahapan perencanaan kebutuhan, desain sistem, pengembangan, dan implementasi. Aplikasi dirancang untuk menampilkan visualisasi 3D organ tubuh secara interaktif dan menyediakan fitur kuis sebagai alat evaluasi pembelajaran. Pengujian dilakukan menggunakan pre-test dan post-test untuk mengevaluasi efektivitas aplikasi, disertai kuesioner skala Likert untuk menilai kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, dengan rata-rata nilai post-test lebih tinggi dibandingkan pre-test. Kuesioner menunjukkan aplikasi memiliki tingkat kelayakan "layak" berdasarkan persepsi siswa dan guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi berbasis AR mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui pengalaman pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan fleksibel, sekaligus menawarkan potensi adopsi luas pada institusi pendidikan dengan penyesuaian terhadap kebutuhan pengguna.
Copyrights © 2025