Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Plombokan Kecamatan Semarang Utara,  Kota Semarang sebagian besar belum dapat mengembangkan omset penjualannya dan mempunyai keterbatasan pemasaran meskipun produk yang dihasilkan  memiliki kualitas yang  tidak kalah dengan hasil  pabrikan. Permasalahan yang dihadapi UMKM adalah  pengemasan produk masih sederhana dan kurang menarik yang  berdampak pada keterbatasan jangkauan pasar. Untuk itu perlu desain pengemasan produk yang unik agar calon pembeli tertarik membelinya.  UMKM belum menerapkan strategi merek dalam mengidentifikasikan barang atau jasa yang dijual  untuk membedakannya dibandingkan dengan pesaing.  Tujuan kegiatan PkM adalah memberikan pengetahuan, peningkatan wawasan,  dan ketrampilan dalam bentuk pelatihan pengemasan dan merek dengan mitra kegiatan yaitu pengelola UMKM   Kelurahan Plombokan, Kecamatan Semarang Utara,  Kota Semarang. Metode kegiatan PKM ini adalah melalui pelatihan  dan pendampingan dalam membuat strategi kemasan dan merek  pada  pelaku usaha kecil dan menengah. Hasil dari kegiatan PKM ini adalah peningkatan pengetahuan bagi pengelola UMKM dalam penyusunan strategi pembuatan kemasan dan merek, serta mampu merancang strategi kemasan dan merek  untuk diterapkan pada usahanya masing-masing.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025