Mumtaz : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Vol. 4 No. 1 (2025): Januari 2025

Analysis of EKATIME Product Marketing Strategy at AJB Bumiputera 1912 Medan

Handayani, Seri (Unknown)
Marliyah (Unknown)
Aslami, Nuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui tentang Analisis Strategi Pemasaran Produk Ekawaktu di AJB Bumiputera 1912 Medan. Penelitian ini memakai metode kualitatif. Teknik Analisa yang diterapkan merupakan analisis SWOT serta QSPM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran berada di kuadran I yang dimana jumlah nilai dari hasil nilai skor yang didapatkan sehingga kondisi perusahaan AJB Bumiputera 1912 Medan berada diposisi kuadran I, yang artinya perusahaan berada dalam kondisi yang menguntungkan karena mempunyai kekuatan serta peluang yang bisa dimanfaatkan secara maksimal. Selanjutnya kendala yang dialami perusahaan kurangnya kesadaran pasar, keterbatasan saluran digital, keterbatasan pelatihan dan edukasi, serta kendala internal perusahaan. Kemudian strategi pemasaran yang tepat perlu dilakukan QSPM dan hasil dari tahap ini memiliki nilai skor TAS (skor daya tarik total) tertinggi dengan nilai 16,000 dan yang ada dipertengahan memiliki nilai 11, 423 dan yang paling rendah memiliki nilai TAS 8,267. Dengan hal ini memungkinkan perusahaan untuk menerapkan strategi yang tepat dan mendukung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mumtaz

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Mumtaz : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam membahas secara rinci sejumlah besar topik yang berkaitan dengan Ekonomi dan Bisnis Islam, yang terdiri dari studi empiris terbaru, studi spesifik negara, evaluasi kebijakan ekonomi Islam dan bisnis Islam. Jurnal ini menyediakan forum pertukaran ilmiah bagi ...