Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika
Vol. 4 No. 2 (2025): Februari

PENGARUH KPPM 48 DALAM MENINGKATKAN KESADARAN ANAK DIDIK SDN 173648 SILAMOSIK 1 DALAM PENDIDIKAN

Argatha Samuel Riandika (Unknown)
Ita Purnamasari Simatupang (Unknown)
Herlin Chrisna Maharani Hura (Unknown)
Adrian Rasmana Bangun (Unknown)
Andre Felix Julius Togatorop (Unknown)
Bahan Sisokhi Loi (Unknown)
Agung Marbun (Unknown)
Josep Gibson Siahaan (Unknown)
Theo Cristo S.M Simangunsong (Unknown)
Jontri Marbun (Unknown)
Eben Oktavianus Zai (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh program Kelompok 23 Kuliah Praktek dan Pengabdian Mahasiswa 48 (KPPM 48) dalam meningkatkan kesadaran anak didik SDN 173648 Silamosik 1 terhadap pentingnya pendidikan. Dengan menggunakan metode edukasi interaktif dan pembelajaran berbasis komunitas, program ini diimplementasikan melalui berbagai kegiatan seperti pelatihan keterampilan, media pembelajaran visual, serta permainan edukatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam minat belajar, pemahaman materi, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Indikator keberhasilan mencakup peningkatan nilai angket minat belajar, hasil tes belajar, serta observasi keterlibatan siswa, yang seluruhnya mencapai atau melampaui target yang ditetapkan. Selain itu, penelitian ini juga mencatat perubahan sikap siswa, seperti peningkatan antusiasme, kemandirian belajar, dan kehadiran yang lebih stabil di sekolah. Keberhasilan program ini didukung oleh metode pembelajaran inovatif, keterlibatan guru dan lingkungan sekolah, serta pemberian penghargaan bagi siswa yang berprestasi. Dengan demikian, KPPM 48 dapat dijadikan model dalam membangun kesadaran pendidikan bagi siswa sekolah dasar, khususnya di daerah yang menghadapi tantangan serupa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPPMJ

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika diterbitkan oleh Jotika English and Education Center Tangerang, Indonesia dengan e-ISSN 2807-2855, merupakan jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian dan pengabdian multi disiplin ilmu yang dilakukan oleh para akademisi dan praktisi. Jurnal ini ...