EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya
Vol. 1 No. 13 (2025): Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya

Pengembangan media Powtoon untuk meningkatkan motivasi dan pembelajaran ekonomi

Sulistyo (Unknown)
Walipah (Unknown)
Falentina Rahayu Widya Ningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2025

Abstract

Pengembangan media pembelajaran menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus keterlibatan peserta didik dalam proses belajar. Salah satu media berbasis animasi adalah Powtoon. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi Powtoon untuk materi ekonomi tentang pasar dan aktivitas ekonomi di SMA Negeri 6 Malang. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), penelitian mencakup analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian yaitu validasi media oleh ahli menunjukkan hasil baik pada aspek materi, bahasa, dan media, dapat dikatakan layak meski ada ruang perbaikan. Uji keefektifan menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai siswa dari rata-rata pre-test ke post-test dengan tingkat efektivitas sangat tinggi. Media Powtoon terbukti layak serta dapat meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa melalui penyajian visual yang menarik dan interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa video animasi merupakan media pembelajaran yang relevan dan efektif dalam mendukung pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna, sejalan dengan penerapan Kurikulum Merdeka untuk pendidikan yang berkualitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning has P-ISSN: 2303-1565 & E-ISSN: 2502-1575 which is published twice a year, in January and July. Focus and scope on EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning:Economic Learning Media, Planning Economic Learning, Learning and ...