Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experimental design) dengan Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model STAD dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen (82,7) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (74,5), dengan peningkatan yang lebih signifikan. Uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok (p < 0,05), membuktikan bahwa model STAD lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Model ini memungkinkan interaksi aktif, diskusi, dan umpan balik yang konstruktif, sehingga meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam menulis teks eksplanasi. Oleh karena itu, STAD direkomendasikan sebagai metode pembelajaran yang efektif dalam pengajaran menulis.
Copyrights © 2025