Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 4, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI CALISTUNG DI KELAS 3 MI ASY-SYIFA

Adisel, Adisel (Unknown)
Sari, Chintya (Unknown)
Mukhasonah, Putri Mustriana (Unknown)
Rahayu, Septi (Unknown)
Nurhalimah, Ullik (Unknown)
Apriani, Windu (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2025

Abstract

Kesulitan dalam membaca, menulis, dan berhitung (calistung) merupakan tantangan utama dalam pendidikan dasar yang dapat memengaruhi perkembangan akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penyebab kesulitan calistung dan menawarkan solusi efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60% siswa mengalami kesulitan membaca, 50% kesulitan menulis, dan 70% kesulitan berhitung. Faktor utama meliputi metode pembelajaran yang kurang variatif, minimnya kebiasaan belajar di rumah, serta kurangnya media pembelajaran interaktif. Solusi yang direkomendasikan mencakup pembelajaran interaktif, keterlibatan orang tua, penggunaan media inovatif, serta peningkatan kompetensi guru. Dengan strategi ini, diharapkan kesulitan calistung dapat dikurangi, mempersiapkan siswa untuk jenjang pendidikan lebih tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...