Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 1 (2025): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Aritmetika Sosial

Lestari, Liska (Unknown)
Prabawati, Mega Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi aritmetika sosial. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas di MTs Persis Benda, yaitu kelas VIIA yang terpilih menjadi kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan pendekatan CRT dan VIIC menjadi kelompok kontrol yang diberikan perlakuan secara konvensional. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan koneksi matematis yang divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan koneksi matematis siswa. Rata-rata skor posttest kelompok eksperimen (80,70) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (70,50), dengan peningkatan rata-rata masing-masing sebesar 25,40 dan 15,70 poin. Analisis statistik menunjukkan nilai thitung = 5,43 (p < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Nilai effect size sebesar 1,46 mengindikasikan bahwa pendekatan CRT memiliki efek yang besar terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan CRT dapat menghubungkan konsep matematika dengan konteks budaya lokal, sehingga pembelajaran menjadi lebih relevan dan bermakna. Disarankan agar guru matematika mengintegrasikan elemen budaya lokal dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika is a scientific journal in the field of mathematics education and mathematics. This journal is open to all research approaches. It is published by Universitas Muhammadiyah Jember since March 2016. It provides an academic platform for ...