Karya tulis ilmiah yang dihasilkan mahasiswa dalam masa studinya di perguruan tinggi merupakan salah satu indikator penting untuk menilai kualitas sebuah program studi di perguruan tinggi. Jika kualitas karya ilmiah yang dihasilkan bagus, maka dapat dinilai bahwa semua unsur program studi memiliki kualitas yang bagus, pun begitu sebaliknya. Artikel ini ingin mengungkap regulasi dan strategi apa yang digunakan program studi perbandingan mazhab di beberapa kampus Indonesia untuk menungjang peningkatan kualitas karya tulis ilmiah mahasiswa. Artikel ini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di empat program studi perbandingan mazhab di Indonesia. Artikel ini menggunakan metode kualitatif yang menyajian data bersifat deskriptif-komparatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik in-depth interview dan focus group discussion kepada narasumber yang merupakan pejabat di masing-masing program studi. Artikel ini menemukan bahwa prodi perbandingan mazhab di beberapa kampus menggunakan regulasi yang berbeda dalam rangka meningkatkan karya tulis mahasiswa. Kesimpulan dari artikel ini adalah, ada 4 strategi yang digunakan program studi perbandingan mazhab dalam peningkatan karya tulis mahasiswa, yaitu: penerapan kurikulum yang meningkatkan kualitas penulisan karya tulis mahasiswa, upaya konversi skripsi menjadi jurnal, mengadakan pelatihan yang dapat menunjang kemampuan menulis mahasiswa, dan menyediakan sarana dan prasarana jurnal berbasis OJS sebagai wadah yang menampung dan mempublikasikan artikel hasil konversi skripsi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025