Jurnal Pajak dan Bisnis (Journal of Tax and Business)
Vol 6 No 1 (2025): Journal of Tax and Business

Pengaruh Brand Image Dan Promosi Terhadap Peningkatan Mahasiswa Baru Di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah Depok: (Studi Pada Mahasiswa Stie Hidayatullah Depok)

Jihad, Fathul (Unknown)
Mustafa, Muhamad Apep (Unknown)
Saifudin, Saifudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2025

Abstract

Dalam menghadapi persaingan dan mempertahankan eksistensi, perguruan tinggi perlu memiliki strategi yang efektif, terutama dalam menarik minat mahasiswa baru. Faktor-faktor penting yang memengaruhi minat mahasiswa baru antara lain adalah brand image dan strategi promosi yang diterapkan oleh perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan promosi baik secara parsial maupun simultan terhadap peningkatan jumlah mahasiswa baru di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah Depok. Variabel independen dalam penelitian ini adalah brand image (X1) dan promosi (X2), sedangkan variabel dependen adalah peningkatan jumlah mahasiswa baru (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert 1-4 yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengolahan dan analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, brand image memiliki pengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa baru, demikian pula promosi yang memberikan dampak serupa. Secara simultan, brand image dan promosi juga terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah mahasiswa baru di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Hidayatullah Depok.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal JPB is a journal that is managed and published by Sekolah Tinggi Perpajakan Indonesia which contains research results and thoughts of scholars in the field of Accounting Science both academics and practitioners, published twice a year in May and September. (1) Accounting Information Systems, ...