Hasil penelitian didapatkan :Alur proses Pelayanan Administrasi Terpadu  rawat jalan (tanpa pemeriksaanpenunjang) melibatkan 6 unit terkait yaitu: Counter Pendaftaran, Nurse Station, Poliklinik, Counter Farmasi, Instalasi Farmasi Rawat Jalan dan Counter Kasir.Tiga masalah utama yang ditemukan pada proses PelayananAdministrasi Terpadu rawat jalan adalah pengisian formulirdata umum pasien baru yang banyak dan membingungkan di counter pendaftaran, lamanya waktu tunggu dokterdipoliklinik  dan lamanya waktu tunggu obat di Farmasi rawatjalan.Indikator proses pelayanan Rawat Jalan didapatkan nilaikriteria Perfectly Order Percentage documented dan fillable < 90% berarti tidak terpenuhi, dan nilai waktu tunggu rawatjalan didapatkan 80% tidak memenuhi standard pelayananminimal.Value stream analisis  proses Pelayanan Administrasi Terpadurawat jalan  saat ini menunjukkan dalam alur proses terjadi 22kegiatan yang dilakukan petugas dan pasien. Sebagian besarbukan waktu yang sebesar 85%, dengan total waktu proses  149 menit. Usulan perbaikan proses Pelayanan Administrasi Terpadurawat jalan yang lebih sederhana terdiri dari 21 kegiatan,  waktu bukan kegiatan turun menjadi  44% dan dengan total waktu proses  sebesar 78 menit.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025