Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK pada materi kebugaran jasmani siswa kelas X TJKT 4 Semester Ganjil SMK Negeri 5 Semarang tahun pelajaran 2024/2025 melalui penerapan model pembelajaran PJOK inovatif . Subjek penelitian adalah siswa Kelas X TJKT 4 sebanyak 36 siswa, yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dengan instrumen seperangkat tes hasil belajar. Data yang diperoleh peneliti dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan penerapan model pembelajaran inovatif dapat meningkatkan hasil belajar PJOK siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan klasikal dan rata-rata hasil belajar PJOK siswa dari prasiklus sampai ke siklus II. ketuntasan klasikal siswa, sebesar 25% dari prasiklus ke siklus I, yaitu dari 40% menjadi 55%. Kemudian meningkat sebesar 43% dari prasiklus ke siklus II, yaitu dari 40% menjadi 83%. Dan meningkat sebesar 33% dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 55% menjadi 83%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 9 poin dari prasiklus ke siklus I, yaitu dari 65 menjadi 74.Kemudian meningkat sebesar 15 poin dari prasiklus ke siklus II, yaitu dari 65 sampai80.Dan meningkat sebesar 6 poin dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 74 menjadi 80.
Copyrights © 2025