Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis web program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), yang memberi mahasiswa kesempatan untuk kuliah di universitas lain di Indonesia. Meskipun website PMM dirancang untuk membantu peserta berkomunikasi dan adminstrasi, masih ada masalah dengan pengalaman pengguna (User Experience/UX), seperti navigasi yang membingungkan, desain yang tidak begitu mudah dipahami, dan keterbatasan responsivitas. Dalam penelitian ini, metode User Experience Questionnaire (UEQ) digunakan untuk menganalisis situs web PMM menggunakan enam elemen: daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketetapan, insentif, dan kebaruan. Hasil menunjukkan bahwa aspek kejelasan menerima skor tertinggi, sedangkan aspek efisiensi menerima skor terendah, yang menunjukkan bahwa pengguna mungkin kesulitan menyelesaikan tugas dengan cepat. Secara umum, kualitas pragmatis mengungguli kualitas hedonis, tetapi efisiensi dan inovasi masih perlu ditingkatkan. Diharapkan penelitian ini akan membantu pengembang meningkatkan UX website PMM, guna mendukung efektivitas program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025