Jurnal Math-UMB.EDU
Vol. 12 No. 2 (2025): MARCH

ANALISIS PROSES KONSTRUKSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT

Fauziyah, Nur (Unknown)
Cici Nurlia Hani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2025

Abstract

Setiap siswa memiliki cara belajar yang unik sesuai dengan karakter dan kemampuannya. Dalam menyusun pengetahuan, terdapat dua gaya kognitif yang berperan penting, yaitu gaya kognitif tergantung lapangan (field dependent) dan gaya kognitif mandiri lapangan (field independent). Gaya kognitif mandiri lapangan bersifat analitis dan kurang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses konstruksi pengetahuan siswa dalam gaya kognitif mandiri lapangan dalam memahami materi logaritma pada mata pelajaran matematika di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dan 2 subjek yang diambil adalah 32 siswa dari kelas yang dipilih dengan teknik pengambilan sampel snowball sampling. Hasil uji menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif mandiri lapangan memiliki konstruksi pengetahuan yang cenderung berpikir fokus, dapat mengidentifikasi apa yang mereka amati, mudah menganalisis informasi dalam bentuk teks atau video, memiliki konstruksi pengetahuan konseptual dan prosedural yang baik, serta memiliki pengetahuan metakognitif yang baik. Mereka cenderung memiliki keterampilan strategi, manajemen waktu, dan refleksi diri yang baik. Kata Kunci: gaya kongnitif, Field Independent, kontruksi pengetahuan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal MATH_UMB.EDU mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dan kajian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika baik di SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Jurnal MATH-UMB.EDU diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak tiga kali ...