Latar Belakang: Anak-anak usia sekolah dasar memiliki risiko tinggi terhadap masalah gizi, baik kekurangan maupun kelebihan gizi. Masalah gizi pada anak disebabkan oleh berbagai faktor, baik yang langsung maupun tidak langsung. Salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi anak-anak di Indonesia adalah praktik atau kebiasaan yang dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan tentang gizi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara tingkat pengetahuan gizi dengan tingkat kecukupan asupan gizi makro pada anak-anak sekolah dasar. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan melibatkan 81 responden yang dipilih secara acak sederhana. Analisis statistik dilakukan menggunakan uji chi-square untuk menilai apakah ada hubungan antara pengetahuan gizi dan kecukupan asupan gizi makro pada anak sekolah dasar. Hasil: Dari analisis statistik yang dilakukan, didapatkan nilai p
Copyrights © 2025