eProceedings of Art & Design
Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025

PERANCANGAN ANIMASI 2D MENGENAI EDUKASI PENTINGNYA MENJAGA JEJAK DIGITAL UNTUK MEMBANGUN PERSONAL BRANDING BAGI MAHASISWA BANDUNG

Aalia Zulmarina, Raeesha (Unknown)
Fiandra, Yosa (Unknown)
Yudhi Rezaldi, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Penggunaan internet, salah satunya media sosial, digunakan untuk berkomunikasi dan meluaskan relasi dari jarak jauh. Tidak menutup kemungkinan juga digunakan dalam personal branding untuk mengembangkan karier. Jejak digital merupakan jejak rekaman di plavorm digital yang di}nggalkan individu selama berak}vitas di internet. Jika individu }dak mengelola jejak digitalnya dengan baik, hal ini dapat memengaruhi citra diri atau personal branding yang ditunjukkannya di media sosial dengan mendapatkan reputasi buruk hingga kegagalan dalam berkarier. Untuk meningkatkan kesadaran terhadap jejak digital, maka dibuatlah sebuah karya yang bertujuan dalam mengedukasi pen}ngnya menjaga jejak digital untuk membangun personal branding dalam bentuk media animasi 2D. Ditujukan kepada mahasiswa yang sedang membangun personal branding mereka. Sehingga dilakukan pendekatan terhadap objek untuk mengumpulkan data perancangan animasi 2D dengan menggunakan metode analisis kualita}f. Dikumpulkan dengan berbagai sumber data seper} studi pustaka, observasi, analisis karya sejenis, dan wawancara kepada ahli. Data-data yang dikumpulkan kemudian akan diimplementasikan pada animasi saat menggerakkan karakter, menyesuaikan dengan posisi perancang yaitu sebagai animator. Kata kunci: animasi 2D, animator, jejak digital, personal branding, mahasiswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...