eProceedings of Art & Design
Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025

PERANCANGAN IKLAN TVC UNTUK MENINGKATKAN BRAND RECOGNITION BUMI PERKEMAHAN IPUKAN KOLABORASI DENGAN SPEEDS INDONESIA DI JAWA BARAT

Hidayatulah, Muhamad Taufik (Unknown)
Aulia, Rahmati (Unknown)
Pamela, Apsari Wiba (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini merancang strategi promosi efektif untuk memperkuat brand recognition Bumi Perkemahan Ipukan, destinasi wisata alam di Desa Cisantana, Kuningan, melalui kolaborasi dengan Speeds Indonesia. Meskipun memiliki daya tarik alam yang luar biasa, Bumi Perkemahan Ipukan menghadapi tantangan dalam promosi dan pengenalan merek. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis SWOT, AISAS, serta AIO, penelitian ini mengeksplorasi potensi dan tantangan destinasi, serta strategi pemasaran yang inovatif. Proyek ini juga mengembangkan konsep TVC dengan visual sinematik dan narasi dramatis untuk menarik minat audiens muda. Fokus utama adalah memperkuat citra merek melalui co-branding dan meningkatkan eksposur di media digital seperti Instagram dan TikTok. Kolaborasi dengan Speeds Indonesia bertujuan menyediakan fasilitas camping yang lebih nyaman, meningkatkan daya saing, dan menarik lebih banyak pengunjung dari kota-kota besar. Strategi komunikasi yang efektif melalui media digital dan cetak diharapkan dapat membangun loyalitas, menarik minat, dan menciptakan pengalaman emosional mendalam yang menguatkan daya tarik Bumi Perkemahan Ipukan sebagai destinasi wisata alam yang memukau. Kata Kunci : brand recognition, co-branding, iklan TVC, Ipukan Camping Ground, strategi periklanan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

artdesign

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...