Bulk Store, atau toko zero-waste, adalah suatu konsep berupa toko yangberusaha mengurangi jumlah plastik yang digunakan dalam kemasan untuk mengurangidampak negatif terhadap lingkungan, Konsep toko tersebut mulai bermunculan diIndonesia, seperti Toko BUMI BULK STORE & REFILLERY yang ada di Bali. TOKO ORGANISmasih kalah saing dengan jumlah pengunjung dan konsumer jika dibandingkan dengankonsep bulk store lainnya. Di penelitian ini akan dibuat Brand Communication dari TOKOORGANIS agar memberikan identitas tersendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi,wawancara, dan kuesioner. Kemudian, analisis menggunakan matrix perbandingan.Kemudian, dilakukan desain baru untuk identitas visual bagi TOKO ORGANIS. Hasilperancangan berupa Logo, Poster, banner, x-banner, feeds IG, Maskot, merchandise,brosur, dan motion graphics. Prinsip filosofis TOKO ORGANIS adalah menggunakankarakter yang berlatar belakang lingkungan dan alam. Maka, dilakukan pendekatanterhadap desain karakter yang berwarna hijau , cokelat , kuning. Setelah dibuat BrandCommunication, TOKO ORGANIS dapat diharapkan untuk menarik lebih banyakkonsumen dan diharapkan bisa bersaing dengan konsep bulk store lainnya dan dapatmemberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik terhadap konsumen dibandingkanpengalaman sebelumnya. Kata Kunci : bulk store, zero waste, brand communication, identitas visual, TOKO ORGANIS
Copyrights © 2025