Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi
Vol. 12 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret

Strategi Bisnis Wisata Alam Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Wisata Grojogan Watu Purbo Tempel Sleman)

Mutohharoh, Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2025

Abstract

Straregi bisnis wisata sangat penting dilakukan dengan mengikuti pertumbuhan wisata di Yogyakarta khususnya di wilayah Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis wisata sebelum pandemic dan pasca pandemic Covid 19, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui analisis SWOT guna meningkatkan daya saing pada wisata Grojogan Watu purbo Kecamatan Tempel, Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang dilakukan di wisata grojogan watu purbo. Dengan Metode analisis SWOT untuk melihat faktor Internal dan faktor Eksternal. Hasil penelitian menujukkan bahwa strategi yang digunakan oleh pengelola wisata Grojoan Watu Purbo menggunakan stategi pemasaran yaitu Marketing Mix. Untuk segi Product, Price wisata grojogan watu purbo secara umum sudah melakukan strategi sebagaimana teori, pengelola harus menjaga dan mempertahankan fasilitas yang sudah ada. Promotion yang dilakukan wisata Grojogan Watu Purbo masih kurang maksimal, pengelola masih kurang dalam Metode Promosi dan cederung pasif. Strategi yang dapat digunakan. Berdasarkan analisis SWOT wisata Grojogan Watu Purbo dapat memanfaatkan dukungan Pemerintah untuk lebih luas memasuki pangsa pasar, memaksimalkan promosi online maupun offline, mengutamakan kepuasan konsumen dengan fasilitas yang memadahi dipertahankan dan kualitas jasa yang ditawarkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jbma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JBMA ( Jurnal Bisnis, Manajemen dan Akuntansi ) merupakan jurnal ilmiah berkala yang terbit dua kali dalam setahun, Tujuan utama JBMA adalah untuk mendiseminasikan artikel ilmiyah dalam bidang Bisnis, Manajemen dan Akuntansi. Redaksi menerima artikel artikel ilmiyah yang belum pernah di publikasikan ...