Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi
Vol. 12 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret

Pengaruh Gaya Hidup, User Experience, dan Value Proposition Terhadap Loyalitas Pelanggan Apple (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Serta Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta)

Adinda Tika Listya (Unknown)
Sunarta, Sunarta (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh gaya hidup terhadap loyalitas pelanggan (2) pengaruh user experience terhadap loyalitas pelanggan (3) pengaruh value proposition terhadap loyalitas pelanggan (4) pengaruh gaya hidup, user experience, dan value proposition terhadap loyalitas pelanggan Apple pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2019–2021. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2019–2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (2) user experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (3) value proposition berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (4) gaya hidup, user experience, dan value proposition secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kesimpulan yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah gaya hidup, user experience, dan value proposition memiliki dampak terhadap terbentuknya loyalitas pelanggan Apple Inc. Saran untuk Apple terkait variabel yang dibahas dalam penelitian ini antara lain terus memperhatikan aspek gaya hidup dalam pengembangan produknya melalui kustomisasi produk dengan menyediakan lebih banyak opsi warna, desain, atau fitur yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jbma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JBMA ( Jurnal Bisnis, Manajemen dan Akuntansi ) merupakan jurnal ilmiah berkala yang terbit dua kali dalam setahun, Tujuan utama JBMA adalah untuk mendiseminasikan artikel ilmiyah dalam bidang Bisnis, Manajemen dan Akuntansi. Redaksi menerima artikel artikel ilmiyah yang belum pernah di publikasikan ...