Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kinerja kepolisian satlantas Polres Gunungkidul dalam pelayanan SIM belum optimal dan merumuskan upaya peningkatan kinerja kepolisian satlantas dalam pelayanan SIM di Polres Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis hasil wawancara dan FGD. Subjek penelitian yang digunakan adalah pelanggan yang mendapatkan pelayanan dalam pembuatan SIM di polres. Data hasil penelitian ini di dapat suatu data dari hasil yang di lakukan dengan cara observasi, wawancara, analisis data dan dokumentasi. Analisis data menggunakan dari hasil wawancara dan Forum diskusi grup dengan responden diketahui analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam pelayanan pembuatan SIM di polres Gunungkidulbesar mempunyai sikap yang belum puas terkait dengan pelayanan yang belum memuaskan. Dapat disimpulkan Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Berdasarkan hasil penelitian tersebut diartikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam pembuatan SIM di polres Gunungkidul masih belum puas terhadap pelayanan.
Copyrights © 2025