Journal of Business Economics and Agribusiness
Vol. 2 No. 3 (2025): May

Pengaruh Media Penjualan Terhadap Volume Penjualan di Pasar Mitra Tani Pasar Minggu Jakarta

Dwi Rahmawati, Tasyah (Unknown)
Bakar, Abu (Unknown)
Wagiono, Wagiono (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2025

Abstract

Pasar Mitra Tani merupakan pasar yang dikelola Direktorat Jenderal Hortikultura. Penjualan melalui media digital (online) di masa sekarang ini memberikan pengaruh terhadap kemudahan akses masyarakat dalam transaksi jual beli, di mana penjualan secara digital akan terus mengalami tren ke depannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media penjualan Gofood, GrabMart, dan penjualan langsung komoditas pangan (beras, bawang merah, dan cabai merah keriting) secara simultan dan parsial terhadap volume penjualan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada uji simultan diperoleh nilai F hitung 68,461 > F tabel 1,92 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 artinya media penjualan GoFood, GrabMart dan penjualan langsung secara bersama-sama dan signifikan mempengaruhi volume penjualan di PMT Pasar Minggu Jakarta. (2) Media penjualan GoFood (X1) dengan komoditas beras, bawang merah, cabai merah keriting memiliki nilai koefisien 0,669; 0,981; 0,808 dan nilai sig nya 0,001; 0,004; 0,004. Hal ini menunjukkan variabel independen media penjualan GoFood (X1) berpengaruh signifikan dan positif. (3) Media penjualan GrabMart (X2) dengan komoditas beras, bawang merah, cabai merah keriting memiliki nilai koefisien 0,530; 0,306; 0,015 dan nilai sig nya 0,003; 0,002; 0,002. Hal ini menunjukkan variabel independen media penjualan GrabMart (X2) berpengaruh signifikan dan positif. (4) Media penjualan secara langsung (X3) dengan komoditas beras, bawang merah, cabai merah keriting memiliki nilai koefisien 9,062; 7,988; 5,582 dan nilai sig nya 0,001; 0,001; 0,001. Hal ini menunjukkan variabel independen media penjualan secara langsung (X3) berpengaruh signifikan dan positif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jbea

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Business Economics and Agribusiness (3031-0873) publishes original research that advances the frontiers of knowledge in business, economics, and agribusiness. The journals scope includes a wide range of topics, such as: The theory and practice of business and economics The role of ...