Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi dan kepemimpinandosen terhadap hasil belajar mahasiswa semester II pada mata kuliah logikamatematika; (2) pengaruh motivasi terhadap hasil belajar mahasiswa semester II padamata kuliah logika matematika; (3) pengaruh kepemimpinan dosen terhadap hasilbelajar mahasiswa semester II pada mata kuliah logika matematika. Jenis penelitianini adalah ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester II ProgramStudi P.TIK IKIP PGRI Pontianak yang berjumlah 139 orang. Pengambilan sampeldengan teknik proportional random sampling diperoleh sampel sebanyak 100 orang.Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data untuk pengujianhipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Perhitungan linear ganda diperoleh nilaikonstanta (a) sebesar -77,442, koefisien regresi (b1) sebesar 0,946, dan koefisienregresi (b2) sebesar 0,905. (1) motivasi dan kepemimpinan dosen secara bersama –sama memiliki pengaruh terhadap hasil belajar, nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.Nilai koefisien korelasi (r) motivasi dan kepemimpinan dosen secara bersama – samasebesar 0,824, dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,680. (2) motivasi memilikipengaruh terhadap hasil belajar, nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai koefisienkorelasi (r) motivasi sebesar 0,661, dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,437; (3)kepemimpinan dosen memiliki pengaruh terhadap hasil belajar, nilai signifikansisebesar 0,000 < 0,05. Nilai koefisien korelasi (r) kepemimpinan dosen sebesar 0,755,dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,570;Kata kunci: motivasi, kepemimpinan dosen, hasil belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015