Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, LINGKUNGAN, GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Fatmawati, Erni (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2016

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) pola asuh orang tua, lingkungan, gaya belajar, motivasi; (2) pengaruh pola asuh orang tua, lingkungan, gaya belajar, dan motivasi masing-masing terhadap prestasi belajar; (3) pengaruh pola asuh orang tua, lingkungan, gaya belajar, dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian adalah Ex-Post Facto dengan jumlah sampel 159 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pola asuh orang tua pada kategori sangat tinggi; lingkungan pada kategori tinggi; gaya belajar pada kategori cukup; motivasi pada kategori tinggi; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 12,1%; lingkungan terhadap prestasi belajar sebesar 31,6%; gaya belajar terhadap prestasi belajar sebesar 23,2%; motivasi terhadap prestasi belajar sebesar 16,9%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh orang tua, lingkungan, gaya belajar, motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 51,4%. Kata kunci:  pola asuh orang tua, lingkungan, gaya belajar, motivasi, dan prestasi belajar.

Copyrights © 2015