Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pada kurikulum merdeka, siswa dituntut mempunyai kemampuan berpikir tingkat tinggi terutama kemampuan berpikir reflektif. Tetapi senyatanya, siswa SD masih memiliki kemampuan berpikir reflektif rendah. Lantas diperlukan suatu strategi yang dapat mempertimbangkan kebutuhan siswa yang disebut pembelajaran berdifferensiasi. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh serta respon siswa pada model PBL melalui pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir reflektif materi tumbuhan kelas IV. Penelitian ini mempergunakan jenis penelitian Kuantitatif deskriptif yang memakai rancangan Quasi Experimental Design melalui desain Non-equivalent Multiple Group. Subjek yang digunakan yaitu siswa kelas IV SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya yang memakai teknik Nonprobability Sampling dengan cara Purposive Sampling. Dan sampel yang dijadikan subjek ada 2 kelas yaitu kelas IVB menjadi kelas eksperimen 1 dan kelas IVC menjadi kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data berupa angket dan tes kemudian dianalisis mempergunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Garis Besar hasil analisis ialah terdapat pengaruh antara pretest dengan posttest dan terdapat suatu perbedaan antara kedua kelas eksperimen. Penelitian ini juga memicu respon positif siswa.
Copyrights © 2025