Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10 No. 01 Maret 2025 In Process

PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI DI SDN TOBAT 2 KABUPATEN TANGERANG

Siti Fauziyah (Unknown)
Mujazi Mujazi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya kesadaran orang tua dalam mendukung dan peduli kepada anaknya ketika belajar di rumah yang menjadi salah satu faktor rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN Tobat 2 Kabupaten Tangerang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VI di SDN Tobat 2. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Dalam teknik pengumpulan dan analisis data menggunakan soal pilihan ganda dan angket. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di SDN Tobat 2 Kabupaten Tangerang yang berjumlah 52 siswa terdiri dari kelas VI A dan VI B. Dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan tertentu dan sampel yang dipilih adalah siswa kelas VI B yang berjumlah 27 siswa. Pada uji korelasi menghasilkan nilai sebesar 0,398 yang artinya kedua variabel memiliki pengaruh. Pada uji determinasi menunjukkan variabel dukungan orang tua hanya memberikaan pengaruh sebesar 15,9% terhadap hasil belajar matematika siswa, sedangkan 84,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya pada uji parsial menunjukkan bahwa thitung (2,170) lebih besar dari ttabel (1,708) dengan nilai signifikansinya 0,040. Dapat dinyatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan dari dukungan orang tua terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VI di SDN Tobat 2 Kabupaten Tangerang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...