Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Make a Match berbantuan Media Kartu Pintar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Cara Kerja Pernapasan Manusia Kelas V SDN 13/IV Kota Jambi. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dan desain pretest-posttest dengan kelompok kontrol yang tidak ekuivalen (pretest-posttest non equivalen control group design). Menggunakan Metode Uji Daya Pembeda, digunakan untuk menilai pemahaman dan ketercapaian pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen (14,55) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (9,38), dengan selisih 5,17 poin. Nilai median, maksimum, dan minimum kelas eksperimen juga mengalami peningkatan lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji Independent Samples t-test menunjukkan bahwa model Make a Match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan kategori N-Gain sedang. Berdasarkan hasil analisis data, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model Make a Match berbantuan media kartu pintar terhadap hasil belajar siswa pada materi cara kerja pernapasan manusia kelas V SDN 13/IV Kota Jambi.
Copyrights © 2025