Hasil observasi awal dan wawancara dengan guru matematika SMA Negeri 4 Pontianak, ditemukan bahwa banyak siswa kelas XII masih mengalami kesulitan dalam memahami materi peluang. Selain tingkat keaktifan siswa yang masih rendah, ditemukan juga permasalahan lain yaitu prestasi belajar yang masih rendah dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang. Prestasi belajar yang diperoleh menunjukan dari 31 jumlah siswa terdapat 17 orang yang memiliki nilai di atas KKM dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 54,84 %. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) peningkatan prestasi belajar melalui pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada materi peluang bagi siswa kelas XII SMA Negeri 4 Pontianak; (2) peningkatan aktivitas belajar melalui pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada materi peluang bagi siswa kelas XII SMA Negeri 4 Pontianak. Dalam penelitian ini, digunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimulai dari tahap rencana atau perencanaan, tindakan atau kegiatan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri 4 Pontianak mengalami peningkatan secara signifikan melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada materi peluang; (2) aktivitas belajar siswa kelas XII SMA Negeri 4 Pontianak mengalami peningkatan secara signifikan melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada materi peluang.
Copyrights © 2025