Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

ANALISIS KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSIF PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL DI SDN MARGOREJO 1 KOTA SURABAYA

Susilawati (Unknown)
Ambarwati Imtiyas (Unknown)
Hani Fita Fatimah (Unknown)
Rina Via Marshanda (Unknown)
Haerul Nisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Pendidikan inklusif bertujuan untuk memberikan kesempatan yang setara bagi semua peserta didik, termasuk anak berkebutuhan khusus, dalam memperoleh pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kurikulum pendidikan inklusif pada mata pelajaran muatan lokal di SDN Margorejo 1 Kota Surabaya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Jumlah sampel adalah 53 siswa inklusif sebagai objek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru, serta studi dokumen terhadap kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum muatan lokal di SDN Margorejo 1 telah mengakomodasi prinsip pendidikan inklusif dengan adanya modifikasi dalam strategi pembelajaran, diferensiasi dalam asesmen, serta penyesuaian materi agar dapat diakses oleh seluruh peserta didik. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam implementasi, seperti keterbatasan sumber daya manusia yang terlatih dalam pendidikan inklusif serta kurangnya media pembelajaran yang mendukung keberagaman kebutuhan peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan bagi tenaga pendidik serta pengembangan bahan ajar yang lebih inklusif guna meningkatkan efektivitas pembelajaran. Kesimpulannya, meskipun SDN Margorejo 1 telah menerapkan pendidikan inklusif dalam mata pelajaran muatan lokal, masih diperlukan optimalisasi dalam berbagai aspek guna mencapai hasil yang lebih maksimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...