Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025 in progress

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA KELAS IV SD DENGAN MENERAPKAN MODEL PBL BERDIFERENSIASI MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI

Resty, Nathania (Unknown)
Rosmiati (Unknown)
Triman Juniarso (Unknown)
Sulistiyanto (Unknown)
Sri Redjeki (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Pada berbagai penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir reflektif siswa sekolah dasar, terutama dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), masih berada pada tingkat yang rendah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi seberapa efektif model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang berdiferensiasi dalam meningkatkan keterampilan berpikir reflektif siswa kelas IV di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan dilakukan di SD Hang Tuah 10 Juanda dengan melibatkan 49 siswa dari dua kelas, IV A dan IV C. Pengumpulan data dilakukan melalui tes gaya belajar, lembar kerja peserta didik (LKPD), pretest, posttest, dan angket, kemudian dianalisis menggunakan uji T dan N-Gain. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan model PBL dengan pendekatan yang berdiferensiasi mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar. Model ini mendorong siswa untuk berpartisipasi lebih aktif dan interaktif, serta meningkatkan antusiasme dan motivasi mereka dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan berpikir reflektif siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...