Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025 in progress

PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KARTUN BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUKU MBOJO UNTUK SISWA KELAS VI SDN INPRES RATO

Muhammad Rizky Rahman (Unknown)
Muhammad Tahir (Unknown)
Muhammad Erfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prototipe media Wayang Kartun berbasis kearifan lokal suku Mbojo untuk siswa kelas VI SDN Inpres Rato, mendeskripsikan validasi dan kepraktisan media Wayang Kartun berbasis kearifan lokal suku Mbojo untuk siswa kelas VI SDN Inpres Rato. Kebaharuan penelitian ini yakni lebih spesifik memperkenalkan kearifan lokal suku Mbojo yaitu dalam bentuk cerita rakyat Puteri La Hila dengan menggunakan media wayang kartun. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) menurut Borg And Gall dengan analisis validasi media Aiken’ V. Hasil penelitian yaitu validator materi mendapatkan nilai 0,8 dan validator media 0,9 menunjukkan media sangat valid. Penerapan skala kecil mendapatkan persentase kepraktisan 94,2%, penilaian observer pada uji penerapan 88,75%, dan hasil respons kepraktisan skala besar 91,3%. Kriteria penilaian media Wayang Kartun Berbasis Kearifan Lokal Suku Mbojo dari hasil uji penerapan menunjukkan bahwa media sangat praktis dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...