Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam
Vol. 11 No. 01 (2025): JIEI : Vol.11, No. 01, 2025

The Influence of Digital Media, Halal Literacy, and Halal Culinary on Halal Tourism Interest among Gen-Z Muslims: Beach Case Study in Mataram.

Supiani, Haerati (Unknown)
Dewi, Novi Yanti Sandra (Unknown)
Agustina, Ahadiah (Unknown)
Mukhlisin, Mukhlisin (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2025

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media digital, literasi halal, dan kuliner halal terhadap minat wisata muslim Generasi Z di Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, melibatkan 89 responden muslim berusia 15-26 tahun yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang berisi 20 pernyataan yang mengukur variabel media digital, literasi halal, kuliner halal, dan minat wisata halal, kemudian dianalisis menggunakan regresi berganda dengan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media digital memiliki pengaruh signifikan dan positif sebesar 77,7% sehingga menjadi faktor dominan dalam meningkatkan minat wisata halal. Literasi halal juga memiliki pengaruh signifikan sebesar 17,7% untuk memperkuat kepercayaan konsumen terhadap destinasi halal. Sementara itu, kuliner halal tidak memiliki pengaruh signifikan sebesar 67%. Secara simultan, ketiga variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 65,8%. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa para pembuat kebijakan dan pelaku industri wisata halal harus mengutamakan penguatan literasi halal dan optimalisasi media digital dalam mempromosikan destinasi halal. Strategi berbasis media sosial dan kolaborasi dengan influencer dapat menjadi langkah efektif untuk menarik perhatian wisatawan muslim Gen-Z. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain seperti kualitas layanan, aspek budaya, dan keamanan destinasi, serta melakukan analisis komparatif antar kelompok usia atau wilayah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jei

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam diterbitkan 3 (tiga) kali setahun (Maret, Juli dan November) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STIE AAS ...