J-CEKI
Vol. 4 No. 3: April 2025

Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kerjasama di UPT SDN 9 Makale

Lestari, Trisensia (Unknown)
Trivena, Trivena (Unknown)
Rante, Marchelina (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kerjasama. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 9 Makale. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah murid kelas VA yang berjumlah 30 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara dan angket. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPAS dalam meningkatkan kerjasama siswa di kelas VA UPT SDN 9 Makale dapat dilakukan melalui proyek inovatif dan kolaboratif yang dikerjakan secara berkelompok. Penelitian ini diharapkan dapat mendorong guru untuk berperan sebagai fasilitator, meningkatkan keterampilan sosial siswa, menuntut kurikulum yang lebih fleksibel, serta memerlukan dukungan sekolah dan kebijakan untuk efektivitasnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...