Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kerjasama. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 9 Makale. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah murid kelas VA yang berjumlah 30 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, pedoman wawancara dan angket. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPAS dalam meningkatkan kerjasama siswa di kelas VA UPT SDN 9 Makale dapat dilakukan melalui proyek inovatif dan kolaboratif yang dikerjakan secara berkelompok. Penelitian ini diharapkan dapat mendorong guru untuk berperan sebagai fasilitator, meningkatkan keterampilan sosial siswa, menuntut kurikulum yang lebih fleksibel, serta memerlukan dukungan sekolah dan kebijakan untuk efektivitasnya.
Copyrights © 2025