Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnnya kreativitas siswa kelas V pada mata pelajaran SBdP di UPT SDN 8 Sangalla Utara. Hal ini disebabkan oleh faktor siswa dan faktor guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V pada mata pelajaran SBdP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan baik pada aktivitas guru maupun pada kreativitas siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa siklus I yakni 67 dengan kualifikasi cukup, pada siklus II meningkat mencajadi 82 dengan kualfikasi sangat baik. Ini menunjukkan bahwa kreativitas siswa sudah mencapai KKTP yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70. Adapun kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ialah dengan upaya meningkatkan kreativitas siswa melalui metode pembelajaran kolaboratif pada pembelajaran SBdP kelas V, maka kreativitas siswa meningkat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025