J-CEKI
Vol. 4 No. 3: April 2025

Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa melalui Metode Pembelajaran Kolaboratif bagi Siswa Kelas V di UPT SDN 8 Sangalla Utara

Fransiska, Fransiska (Unknown)
Tadius, Tadius (Unknown)
Situru, Roberto S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnnya kreativitas siswa kelas V pada mata pelajaran SBdP di UPT SDN 8 Sangalla Utara. Hal ini disebabkan oleh faktor siswa dan faktor guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V pada mata pelajaran SBdP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan baik pada aktivitas guru maupun pada kreativitas siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa siklus I yakni 67 dengan kualifikasi cukup, pada siklus II meningkat mencajadi 82 dengan kualfikasi sangat baik. Ini menunjukkan bahwa kreativitas siswa sudah mencapai KKTP yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70. Adapun kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ialah dengan upaya meningkatkan kreativitas siswa melalui metode pembelajaran kolaboratif pada pembelajaran SBdP kelas V, maka kreativitas siswa meningkat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...