Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja tenaga pendidik. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SMP Negeri 4 Binamu Kabupaten Jeneponto. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Tenaga Pendidik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah menjalankan perannya sebagai leader di sekolah dengan cara memberi teladan/contoh, memberi reward/penghargaan dan memberi punishment/sanksi atas pelanggaran yang dilakukan guru di sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan tenaga pendidik dapat dilihat melalui indikator meliputi: 1) Kedisiplinan kehadiran tenaga pendidik dalam mengajar dengan cara membuat peraturan disiplin kehadiran untuk disepakati bersama dan menjadi contoh bagi tenaga pendidik berupa kehadiran yang konsisten. 2) Kedisiplinan dalam menyiapkan perangkat pembelajaran dengan cara membuat peraturan disiplin yang mengharuskan semua guru membuat perangkat perencanaan pembelajaran. 3) Kedisiplinan dalam pelaksanaan pembelajaran yakni mewajibkan guru untuk mengisi buku absen atau daftar kehadiran dan pulang yang telah disiapkan.
Copyrights © 2025