Jurnal Pendidikan Bahasa
Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa

KAJIAN PSIKOLOGI DAN NILAI PENDIDIKAN NOVEL MEMAMAH JANTUNGMU KARYA ROHANI SYAWALIAH

Lizawati, Lizawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) kepribadian tokoh Gilda dalam novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah berdasarkan teori kepribadian Sigmund Freud, (2) konflik psikologi antartokoh novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah, (3) sikap dan reaksi tokoh Gilda dalam menghadapi konflik dengan tokoh-tokoh lain novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah, (4) nilai pendidikan novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kepribadian tokoh Gilda dalam novel Memamah Jantungmu karya Rohani Syawaliah berdasarkan teori kepribadian psikoanalisis Sigmund Freud yaitu halusiansi dan naluri kematian, kecemasan (anxitas), dan pengalihan, (2) konflik psikologis antartokoh melahirkan konflik batin antara Gilda dan Kitty, (3) sikap dan reaksi tokoh Gilda dalam menghadapi konflik dengan tokoh-tokoh lain dapat menyelesaikan dan mengambil suatu tindakan yang positif yang tercermin dalam setiap tindakan yang dilakukan oleh Gilda, (4) nilai pendidikan novel mencakup nilai pendidikan agama, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan budaya. Kata Kunci: psikologi, pendidikan, novel Memamah Jantungmu.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

bahasa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini memuat artikel tentang hasil penelitian dan kajian mengenai Pendidikan Bahasa atau serumpunnya yang terbit setiap Juni dan ...