Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PPM) ini berangkat dari analisis situasi yang mengidentifikasi mayoritas guru masih memiliki pemahaman yang rendah mengenai bagaimana merancang pembelajaran dengan pendekatan culturally Responsive Teaching (CRT) dalam rangka meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Kegiatan PPM ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mendesain Pembelajaran dengan pendekatan culturally Responsive Teaching (CRT). Metode dan bentuk kegiatan pengabdian sesuai dengan tujuan kegiatan meliputi 3 langkah kegiatan yaitu pertama; pelatihan terbimbing peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru tentang pembelajaran dengan pendekatan culturally Responsive Teaching (konsep, prinsip, karakteristik pembelajaran) dan desain pembelajaran dengan pendekatan culturally Responsive Teaching, kedua; simulasi pembuatan desain pembelajaran dengan pendekatan culturally Responsive Teaching, ketiga observasi dan evaluasi dan presentasi produk desain pembelajaran dengan pendekatan culturally Responsive Teaching Yang menjadi sasaran kegiatan pembinaan dan pelatihan ini adalah guru-guru PPKn Sekolah Menengah Atas (SMP) yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran PPKn SMP Kabupaten Ogan Ilir. Target dari pelaksanaaan PPM ini adalah peserta pembinaan dan pelatihan mampu merancang pembelajaran dengan pendekatan culturally Responsive Teaching (CRT) sebagai upaya perbaikan dan peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Hasil kegiatan pembinaan dan pelatihan menyimpulkan guru peserta pelatihan dan pendampingan sudah mememilki pengetahuan yang baik tentang desain pembelajaran dengan pendekatan culturally Responsive Teaching (CRT). Perbandingan hasil pre test dan post test menunjukkan peningkatan yang signifikan dari 63 menjadi 89,4 dengan nilai n gain sebesar 0,7135 kategori cukup efektif. Hasil observasi terhadap produk desain pembelajaran yang dibuat, menunjukkan untuk 17 item indikator karakteristik desain pembelajaran dengan pendekatan CRT didapat rerata skor sebesar 4.68 (rentangan skor min 1 maksimal. Artinya peserta sudah bisa mengintegrasikan pendekatan CRT pada produk Modul Ajar yang dibuat dengan sangat baik
Copyrights © 2025