Pariwisata merupakan suatu kegiatan yang dapat dilakukan secara berulang oleh wisatawan. Adapun kegiatan tersebut dapat mendukung perekonomian masyarakat sekitar melalui Community Based Tourism (CBT). Dalam kegiatan tersebut, yang menjadi salah satu lokasi wisatanya adalah desa wisata Warungboto yang telah memiliki Instagram aktif namun hanya menggunakan Link Tree sebagai tempat untuk menampung informasi. Selain Instagram, desa wisata tersebut juga menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi dengan wisatawan. Adapun tujuannya adalah mengidentifikasi kebutuhan sebagai dasar pembuatan website dan e-brochure yang dapat menjadi suatu daya tarik bagi wisatwan. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi secara langsung di lokasi penelitian. Hasilnya adalah website yang dapat digunakan dalam promosi desa wisata secara lebih luas dan mudah untuk diakses oleh siapapun. Dari hal itu, semua informasi bisa tertampung di satu tempat yakni website yang di dalamnya juga terdapat brosur yang berisikan paket wisata, selain itu juga bisa lebih menarik wisatawan domestik dan mancanegara.
Copyrights © 2024