THE COMMERCIUM
Vol. 9 No. 2 (2025): The Commercium - April 2025

STRATEGI HUMAS DPD PARTAI GOLONGAN KARYA JAWA TIMUR DALAM MENINGKATKAN CITRA ORGANISASI PADA PEMILU 2024

Peris, Mutiara Putri (Unknown)
Setianingrum, Vinda Maya (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini membahas strategi hubungan masyarakat (humas) yang diterapkan oleh DPD Partai Golkar Jawa Timur dalam upaya meningkatkan citra organisasi pada Pemilu 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya kepercayaan publik terhadap partai politik dan perlunya strategi komunikasi yang efektif guna menarik simpati masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPD Partai Golkar Jawa Timur menerapkan strategi humas berbasis Four Steps of Public Relations yang meliputi pencarian fakta, perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan interaksi dengan masyarakat dan membangun citra positif partai. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam kajian komunikasi politik dan menjadi referensi bagi partai politik dalam merancang strategi humas yang lebih efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Commercium

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The Commercium adalah Jurnal Ilmu Komunikasi yang memuat tulisan hasil penelitian mahasiswa. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal the commercium terbit 3 kali dalam setahun. Fokus dan scope penelitian di bidang Ilmu Komunikasi mencakup : ...