Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen dan pemanfaatan Laboratorium Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak.Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan strategi yang digunakan adalah studi kasus tunggal. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan mengkaji dokumen. Analisis data yang dilakukan adalah model analisis interraktif.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Manajemen atau pengelolaan Laboratorium Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak telah dilakukan dengan baik. Program yang dirancang dan dilaksanakan oleh pengurus lab. yang berupa kegiatan mata kuliah praktikum dan diskusi ilmiah sejalan dengan fungsi lab. tersebut yaitu sebagai sarana penunjang untuk memperdalam dan memantapkan pemahaman sejarah. Laboratorium Pendidikan Sejarah IKIP-PGRI Pontianak telah dimanfaatkan dengan baik oleh para mahasiswa maupun dosen prodi pendidikan sejarah. Dari hasil wawancara dan pengamatan dapat dikatakan bahwa laboratorium ini tidak hanya dimanfaatkan oleh kalangan prodi pendidikan sejarah saja namun juga telah dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah yang ada di Pontianak. Kata Kunci: pemanfaatan, laboratorium.
Copyrights © 2016