Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Vol 4, No 1 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION

Ahmad Jamalong, Indajati, (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2017

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa dengan penggunaan metode Group Investigation. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tajur Halang Bogor tahun pelajaran 2014/2015 dengan metode penelitian tindakan kelas. Subjek sasaran sebanyak 30 siswa pada kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumenter, dan pengukuran. Alat pengumpulan data berupa panduan observasi, dokumentasi, dan tes. Tindakan penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum dilaksanakan tindakan hanya 5% siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Setelah dilaksanakan siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar  34,38%, begitu juga pada hasil pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebesar 54,82% siswa yang mengalami ketuntasan belajar. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan metode Group Investigation efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.Kata Kunci: metode Group Investigation, hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan.

Copyrights © 2017