Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan dilapangan bahwa beberapa siswa mennujukkan rendahnya kecerdasan emosional sehingga perlu diberikan layanan yang dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa  melalui bimbingan kelompok berbasis islami. Tujuan penelitian ini menghasilkan model bimbingan kelompok berbasis Islami yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Metode Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (Educational Research and Development). Sampel sejumlah 10 siswa dipilih secara purposive sampling. Model bimbingan kelompok berbasis Islami yang dikembangkan merupakan proses pemberian bantuan kepada individu melalui dinamika kelompok berlandaskan pada nilai-nilai islam dalam al-qur’an dan hadist, yang memungkinkan setiap anggota untuk belajar berpartisipasi aktif memanfaatkan pikiran dan pengalaman anggota kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok berbasis Islami terbukti efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Disarankan untuk selalu meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling dan guru pembimbing dapat menggunakan model ini dalam membantu siswa untuk meningkatkan kecerdasan emosional. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Berbasis Islami, Kecerdasan Emosional
Copyrights © 2014