Penelitian ini membahas analisis sentimen opini masyarakat terhadap Pilkada 2024 di media sosial Twitter menggunakan algoritma Naïve Bayes dan pembobotan TF-IDF. Data dikumpulkan melalui proses crawling menggunakan Python, menghasilkan 5.182 tweet yang kemudian diproses melalui tahap preprocessing, termasuk case folding, cleansing, stemming, dan labeling. Setelah preprocessing, 4.041 data digunakan untuk analisis sentimen dengan kategori sentimen Netral, Positif, dan Negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma Naïve Bayes mampu memberikan akurasi sebesar 77%, dengan F1-score tertinggi pada kategori Netral sebesar 0,85. Tema dominan yang ditemukan melalui pembobotan TF-IDF meliputi keamanan, partisipasi masyarakat, dan keberhasilan Pilkada. Evaluasi menggunakan Confusion Matrix membuktikan bahwa metode Naïve Bayes efektif untuk memahami opini masyarakat, sehingga hasil analisis ini dapat memberikan wawasan berharga bagi pemangku kepentingan dalam meningkatkan strategi komunikasi dan keterlibatan publik
Copyrights © 2025