EMPATI
Vol 12, No 1 (2025): Empati

Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di KB Tunas Karya Sigambir

AMALIYAH, TANZIL (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak berkebutuhan khusus pada pendidikan inklusif tepatnya di KB Tunas Karya Sigambir. Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak didalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki keterbatasan fisik, intelektual, emosi dan sosial. Peranan Guru dalam hal ini sangatlah penting sebagai seorang guru kita harus bisa memahami karakteristik umum dan khusus yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini mengambil 2 (dua) responden yang termasuk dalam guru kelas di KB Tunas Karya Sigambir. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara. Teknik wawancara dilakukan dengan tidak terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus di KB Tunas Karya Sigambir bisa dikatakan mampu dalam membantu anak berkebutuhan khusus dalam meningkatkan motivasi belajarnya dengan melakukan berbagai cara salah satunya dengan melakukan pendekatan khusus dan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EMPATI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

EMPATI - Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling, yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas PGRI Semarang. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, dibulan April dan Oktober, untuk memasukkan ...