Abstrak: Sekolah Alam Gaharu merupakan sekolah alam yang mengutamakan interaksi siswa dengan alam dalam process pembelajarannya. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh Sekolah Alam Gaharu adalah sistem akuaponik sebagai media belajarnya. Untuk mengoptimalkan akuaponik sebagai media belajar, pada kegiatan pengabdian masyarakat ini dikembangkan dan diimplementasikan sistem pemantauan akuaponik berbasis IoT sebagai media pembelajaran STEM di Sekolah Alam Gaharu. Sistem ini memonitor parameter penting seperti pH dan suhu air yang dikirimkan ke cloud dan ditampilkan melalui website. Proses implementasi meliputi pengembangan alat, instalasi sistem, dan survei evaluasi kepada pengguna. Dari hasil survei mengenai sistem yang diimplementasikan sebagai media belajar terhadap 10 guru di Sekolah Alam Gaharu menunjukkan bahwa sistem ini diterima dengan baik, dengan 80% responden menyatakan sangat setuju dan 20% setuju bahwa sistem tersebut mendukung pembelajaran STEM. Selain memberikan wawasan praktis tentang keberlanjutan, sistem ini meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep STEM melalui pendekatan berbasis teknologi. Kegiatan ini berhasil menunjukkan bahwa IoT dapat menjadi solusi efektif untuk mendukung pendidikan berbasis alam.Abstract: Gaharu Nature School is a nature-based school that prioritizes student interaction with the environment in its learning process. One of the facilities provided by the school is an aquaponics system used as a learning medium. To optimize aquaponics as an educational tool, this community service activity developed and implemented an IoT-based aquaponics monitoring system as a STEM learning medium at Gaharu Nature School. The system monitors key parameters such as pH and water temperature, sending the data to the cloud and displaying it through a website. The implementation process included tool development, system installation, and a user evaluation survey. Results from a survey of 10 teachers at the school indicated that the system was well received, with 80% of respondents strongly agreeing and 20% agreeing that the system supports STEM learning. In addition to providing practical insights into sustainability, the system enhances students’ understanding of STEM concepts through a technology-based approach. This activity successfully demonstrated that IoT can be an effective solution to support nature-based education.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025