Abstrak: Pemerintahan digital merupakan konsep baru pelayanan publik yang mengutamakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengoptimalkan kegiatan pengelolaan pemerintahan dan memberikan pelayanan yang cepat, sederhana, dan transparan kepada masyarakat. Hal ini juga berdampak pada tumbuhnya berbagai layanan aplikasi yang bergerak di bidang teknologi dan informasi yang dapat membantu pemerintah mewujudkan pemerintahan digital tersebut. Perjalanan menuju transformasi digital yang inklusif dan berkelanjutan ini, merupakan tantangan yang besar. Salah satunya adalah kurangnya literasi digital. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kecakapan penggunaan teknologi digital serta mendorong mitra untuk lebih mengenal dan mengadopsi teknologi digital dalam mengakses pelayanan publik. Metode kegiatan ini berupa sosialisasi yang dilakukan melalui tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Mitra dalam kegiatan ini adalah mahasiswa angkatan tahun 2023 Jurusan Administrasi Publik yang berjumlah 30 orang yang diharapkan mampu mengambil peran dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui pre-test dan post-test dimana hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan mitra terkait literasi digital dalam mengakses pelayanan publik berbasis digital dari sebelumnya 63.5%menjadi 82.5%.Abstract: Digital government is a new concept of public service that prioritizes the use of information and communication technology to optimize government management activities and provide fast, simple, and transparent services to the public. This also has an impact on the growth of various application services engaged in technology and information that can help the government realize this digital government. The journey towards an inclusive and sustainable digital transformation is a big challenge. One of them is the lack of digital literacy. This activity aims to improve knowledge, understanding, and skills in using digital technology and encourage partners to be more familiar with and adopt digital technology in accessing public services. The method of this activity is in the form of socialization which is carried out through the stages of preparation, implementation and evaluation. The partners in this activity are 30 students from the 2023 Public Administration Department who are expected to be able to play a role in improving the quality of public services. Evaluation of the activity was carried out through a pre-test and post-test where the results of the activity showed an increase in partner knowledge regarding digital literacy in accessing digital-based public services from the previous 63.5% to 82.5%.
Copyrights © 2025